RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
a. Nama
Sekolah : SMAN 2
Sungai Raya
b. Mata
Pelajaran : Kimia
b. Kelas/Semester : X/1
d. Alokasi
Waktu : 2 X 45 Menit
1.
STANDAR KOMPETISI
2.
Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
2.
KOMPETENSI DASAR
2.1.
Mendeskripsikan tata namasenyawa anorganik dan organik sederhana serta
persamaan reaksi nya
3. INDIKATOR PEMBELAJARAN:
1. Menjelaskan pengertian persamaan
reaksi kimia sederhana
2. Menjelaskan tata cara penulisan
persamaan reaksi kimia sederhana
3.
Menjelaskan cara menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan diberikan nama-
nama zat yang terlibat dalam reaksi dan
sebaliknya
4.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah proses pembelajaran, siswa
dapat :
1.
Menentukan pengertian persamaan raeksi kimia sederhana dengan benar
2.
Menentukan cara penulisan persamaan reaksi kimia sederhana dengan benar
3.
Menentukan cara menyetarakan persamaan reaksi kimia dengan diberi nama-nama zat
dalam suatu reaksi dengan benar
4.
Menetukan cara menyetarakan persamaan reaksi kimia dengan memberikan rumus
kimia nya dalam suatu reaksi dengan
benar
5. MATERI AJAR
PERSAMAAN REAKSI KIMIA
A. Penulisan Persamaan Reaksi Kimia
Penulisan persamaan reaksi harus mengikuti
langkah-langkah berikut ini.
1. Tuliskan persamaan reaksi dalam
kata-kata dengan menggunakan informasi yang diberikan ataupun berdasarkan
pengetahuan kimia.
2. Tuliskan rumus reaksi kimia yang
benar dari setiap reaktan pada ruas kiri dan produk pada ruas kanan persamaan
reaksi.
3. Setarakan dan produk.
4. Terakhir, memperjelas dengan
menambahkan wujud zat (cantumkan simbol keadaan fase).
(g = gas, l = persamaan reaksi yang
telah ditulis. Hal ini dilakukan untuk memperoleh jumlah atom yang sama untuk
reaktan cairan, s = padat, aq = larutan)
Contoh:
Perhatikan persamaan reaksi untuk
oksidasi magnesium. Ketika magnesium direaksikan dengan oksigen,
langkah-langkah yang harus dijalankan adalah sebagai berikut.
Langkah 1: Menuliskan persamaan
reaksi dengan kata-kata
magnesium + oksigen → magnesium
oksida
Langakah 2 : Menuliskan rumus reaksi
kimia dari setiap reaktan dan produk
Mg + O2 → MgO
Rumus molekul magnesium oksida
adalah MgO. Ion magnesium (Mg2+) membutuhkan hanya ion oksidauntuk
menyeimbangkan muatannya.
Langkah 3: Menyetarakan persamaan reaksi yang sudah ditulis.
2Mg + O2 → 2MgO
Langkah 4: Mencantumkan simbol
keadaan fase
2Mg(s) + O2(g) → 2MgO(s)
6.
STRATEGI PEMBELAJARAN
·
Model pembelajaran : Kooperative tipe STAD
·
Metode :
Diskusi, ceramah, dan Tanya jawab
7.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1
|
Pendahuluan(10 Menit)
1. Guru
memberikan apersepsi
“pernah
kah kalian membuat air kopi?”
“ nama senyawa kimia H2O apa?bagaimana cara
membaca nya dalam suatu reaksi kmia?”
2. Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
2
|
Kegiatan Inti(70
Menit)
1. Guru
menyampaikan materi sebagai pengantar
2. Guru
membagi kelompok terdiri 5-6 orang
secara heterogen berdasrkan jadwal piket kelas
3. Guru
memberikan suatu permasalahan yang sama setiap kelompoknya
4. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir dan menganalisa soal
5.
Siswa bekerja sama satusama lain
dalam satu kelompok dengan bersungguh-sungguh
6.
Guru memberikan penguatan positif
secara lisan terhadap jawaban siswa
7. Guru
memberi kuis kepada siswa terhadap materi yang telah diberikan sebelumnya
|
3
|
Penutup (10 Menit)
a.
Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan
tentang materi yang telah dipelajari
b. Guru
memberikan PR yang sesuai dengan
materi yang telah di ajarkan
c. Guru menginformasikan materi yang akan datang dan
menyuruh siswa untuk mempelajarinya terlebih dahulu
|
8. SUMBER
BELAJAR
Daftar Pustaka :
Diyah, Anis Rufaida. 2011. PR Kimia untuk SMA/MA kelas X Semester 1. Klaten : Intan Pariwara.
Purba,
Michael. 2006. Kimia untuk SMA kelas X . Jakarta : Erlangga.
Alat pembelajaran:
Papan
tulis, spidol, penghapus, laptop, infokus
9.
PENILAIAN
Teknik : diskusi kelompok
Bentuk
Tes : LKS Essay, kuis essay
Latihan
soal
Lengkapi
Tabel berikut dengan benar dan tepat !
1.
Setarakan persamaan reaksi berikut :
a. 2NO(g)
+ O2 (g) NO2
(g)
2. Apa yang dimaksud dengan
persamaan reaksi beserta contoh dalam kehidupan sehari- hari?
Pedoman penskoran
NO
|
SOAL
|
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
a. 2NO(g) + O2 (g) NO2 (g)
|
2NO(g) + O2 (g) 2NO2 (g)
|
20
|
2
|
Apa yang
dimaksud dengan persamaan
reaksi beserta contoh dalam kehidupan
sehari - hari?
|
Persamaan reaksi adalah salah satu
langkah untuk merangkum terjadinya suatu reaksi
contoh : Pebuatan kue, Pembuatan kopi,
Pemasukan logam besi ke larutan cuka
|
20
10
|
Skor
total
|
50
|
Skor
maksimum =
x
100
Skor
maksimum =
x
100 = 100
Mengetahui, Pontianak,20 November 2013
Guru Pamong Guru PPL
Indra
Nirwan Utama,S.P. Deno
Hariyadi
NIP.197504008
200604 1 006 NIM.F02110007
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran :
Kimia
Kelas : X A
Standard
Kompetensi :
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (Stoikiometri)
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mendeskripsikan
tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksi nya
NAMA
KELOMPOK :
ANGGOTA
KELOMPOK :
SOAL
a) H2
(g) + F2 (s) HF
(s)
b)
Cu (s) +O2(g) CuO(s)
d) Gas Metana + larutan Asam Klorida gas Karbon dioksida + Air
Keep Smile… Keep
Honest.. Keep TeamWork
“Kesuksesan terbesar
adalah “menang” melawan hawa nafsu”
JAWABAN PERTANYAAN!
LEMBAR JAWABAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar