RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MAN Model Singkawang
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
20 menit/1 x pertemuan
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami struktur atom, sifat-sifat
periodik unsur, dan ikatan kimia
Kompetensi
Dasar :
1.
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,
sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam
tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi
elektron.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
·
Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan
kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom dengan cermat
Tujuan :
Siswa dapat
:
·
Membedakan minimal
2 kelemahan dan kelebihan perkembangan teori berdasarkan teori atom Dalton,Teori
atom Thomson dan teori atom Rutherford
Karakter siswa yang
diharapkan :
Ø Jujur, kerja keras, toleransi,
rasa ingin tahu, taggung jawab
Kewirahusahaan/ekonomi
kraetif:
Ø Percaya diri, berorientasi
pada tugas dan hasil
Materi Ajar :
Struktur Atom
§ Pengertian perkembangan teori atom Dalton,Rutherford dan Thomson
Metode
Pendekatan :
§ Ceramah
§ Tanya jawab
§ Penugasan
Skenario
Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah
|
Uraian
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
|
3 Menit
|
2.
|
KegiatanInti
|
a.
Eksplorasi
Guru menggali kemampuan siswa
dengan bertanya pernahkah kalian melihat roti yang ditaburi mececeres...?
b.
Elaborasi
-
Guru menampilkan gambar-gambar beberapa model atom di papan
tulis
- Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dari materi yang telah
disampaikan
- memberikan kesematan
kepada siswa untuk mencatat
c.
Konfirmasi
- Guru
memberikan tanggapan dan simpulan mengenai jawaban dari siswa
- Guru secara kreatif memberikan
catatan-catatan penting mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa
|
13
menit
|
3.
|
Penutup
|
a. Guru
bersama siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah disampaikan
b. Guru memberikan tugas kepada siswa
c. Guru mengakhiri dengan salam
|
4 menit
|
Alat/Bahan/sumber
belajar:
Buku paket kimia X SMA
Buku
pelajaran kimia yang relevan
Literatur
lain ( buku,koran,majalah,internet)
Penilaian
No :
1
Jenis : pelatihan uji kompetensi
Bentuk : uraian
Instrumen/aktifitas :
1.
Sebutkan
kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model atom dari mulai model atom
Dalton sampai dengan model atom Niels Bohr.
Penyelesaian :
Kelebihan dan kelemahan dari
masing-masing model atom dari mulai model atom Dalton sampai dengan model atom
Niels Bohr.
Model Atom
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Menurut Dalton seperti bola pejal
|
Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian
mengenai model atom
|
Tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa
dan daya hantar arus listrik, jika atom merupakan bagian terkecil dari suatu
unsur dan tidak dapat dibagi lagi
|
Menurut Thomson seperti roti kismis
|
Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan
negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu
unsur. Selain itu juga memastikan bahwa atom tersusun dari partikel yang
bermuatan positif dan negatif untuk membentuk atom netral. Juga membuktikan
bahwa elektron terdapat dalam semua unsur
|
Belum dapat menerangkan bagaimana susunan muatan
positif dalam bola dan jumlah elektron
|
Rutherford seperti planet bumi mengelilingi matahari
|
Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom
dan elektron yang mengelilingi inti
|
Model tersebut tidak dapat menerangkan mengapa
elektron tidak pernah jatuh ke dalam inti sesuai dengan teori fisika klasik
|
Penskoran
Model Atom
|
deskripsi
|
skor
|
Dalton
|
Kelebihan
: Mulai
membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom
Kelemahan : Tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa
dan daya hantar arus listrik, jika atom merupakan bagian terkecil dari suatu
unsur dan tidak dapat dibagi lagi
|
15
15
|
Rutherford
|
Kelebihan
: Membuat
hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi
inti
Kelemahan
: Model
tersebut tidak dapat menerangkan mengapa elektron tidak pernah jatuh ke dalam
inti sesuai dengan teori fisika klasik
|
15
15
|
Thomson
|
Kelebihan: Membuktikan adanya partikel lain
yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian
terkecil dari suatu unsur. Selain itu juga memastikan bahwa atom tersusun
dari partikel yang bermuatan positif dan negatif untuk membentuk atom netral.
Juga membuktikan bahwa elektron terdapat dalam semua unsur
Kelemahan
: Belum
dapat menerangkan bagaimana susunan muatan positif dalam bola dan jumlah
elektron
|
25
15
|
Jumlah
|
100
|
Pontianak, 22 Februari 2013
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar