Minggu, 02 Juni 2013

RPP Berkarakter(Perkembangan Teori Atom) PPL 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                   : MAN Model Singkawang
Mata Pelajaran                 : Kimia
Kelas/Semester                                : X/1
Alokasi Waktu                   : 20 menit/1 x pertemuan


Standar Kompetensi :
1.       Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan  ikatan kimia

Kompetensi Dasar :
1.       Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
·         Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom dengan cermat
Tujuan :
Siswa dapat :
·         Membedakan minimal 2 kelemahan dan kelebihan perkembangan teori berdasarkan teori atom Dalton,Teori atom Thomson dan teori atom Rutherford

Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Jujur, kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, taggung jawab
Kewirahusahaan/ekonomi kraetif:
Ø  Percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil

Materi  Ajar :
Struktur Atom
§  Pengertian perkembangan teori atom Dalton,Rutherford dan Thomson


Metode Pendekatan :
§   Ceramah
§   Tanya jawab
§   Penugasan












Skenario Pembelajaran
               
No.
Langkah-langkah
Uraian
Waktu
1.
Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam
  2. Guru mengintruksikan siswa untuk berdoa
  3. Guru mengecek kehadiran dan kesiapan siswa mengkuti pelajaran
  4. Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran
  5.  
3 Menit
2.
KegiatanInti
a.       Eksplorasi
Guru menggali kemampuan siswa dengan bertanya pernahkah kalian melihat roti yang ditaburi mececeres...?
b.      Elaborasi
- Guru menampilkan gambar-gambar beberapa model atom di papan tulis
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dari materi yang telah disampaikan
- memberikan kesematan kepada siswa untuk mencatat

c.       Konfirmasi
-       Guru memberikan tanggapan dan simpulan mengenai jawaban dari siswa
-      Guru secara kreatif memberikan catatan-catatan penting mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa
13 menit



 3.
Penutup
a.       Guru bersama siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah disampaikan
b.      Guru memberikan tugas kepada siswa
c.       Guru mengakhiri dengan salam
4 menit













Alat/Bahan/sumber belajar:
                 Buku paket kimia X SMA
                Buku pelajaran kimia yang relevan
                Literatur lain ( buku,koran,majalah,internet)

Penilaian
     No                                     :  1
     Jenis                                 : pelatihan uji kompetensi
     Bentuk                             : uraian
     Instrumen/aktifitas   :
               


1.      Sebutkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model atom dari mulai model atom Dalton sampai dengan model atom Niels Bohr.

Penyelesaian :
Kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model atom dari mulai model atom Dalton sampai dengan model atom Niels Bohr.
Model Atom
Kelebihan
Kelemahan
Menurut Dalton seperti bola pejal
Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom
Tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik, jika atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi
Menurut Thomson seperti roti kismis
Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Selain itu juga memastikan bahwa atom tersusun dari partikel yang bermuatan positif dan negatif untuk membentuk atom netral. Juga membuktikan bahwa elektron terdapat dalam semua unsur
Belum dapat menerangkan bagaimana susunan muatan positif dalam bola dan jumlah elektron
Rutherford seperti planet bumi mengelilingi matahari
Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti
Model tersebut tidak dapat menerangkan mengapa elektron tidak pernah jatuh ke dalam inti sesuai dengan teori fisika klasik












Penskoran

Model Atom
deskripsi
skor
Dalton
Kelebihan : Mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom

 Kelemahan : Tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik, jika atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi
15


15
Rutherford
Kelebihan : Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti

Kelemahan : Model tersebut tidak dapat menerangkan mengapa elektron tidak pernah jatuh ke dalam inti sesuai dengan teori fisika klasik
15


15
Thomson
Kelebihan: Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Selain itu juga memastikan bahwa atom tersusun dari partikel yang bermuatan positif dan negatif untuk membentuk atom netral. Juga membuktikan bahwa elektron terdapat dalam semua unsur

Kelemahan : Belum dapat menerangkan bagaimana susunan muatan positif dalam bola dan jumlah elektron

25






15

Jumlah
100

                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                Pontianak, 22 Februari 2013


Mengetahui
Dosen Pengampu



Husna Amalya Melati, S.si M.Si
 
 
Guru Mata Pelajaran


Deno hariyadi
NIM.F02110007

 
                                                                                                                                                                       





                                                         



Tidak ada komentar: